Senin, 28 April 2008

Wisata Bahari Pulau Weh


Pulau Weh merupakan pulau paling barat Pulau Sumatera, Indonesia. Di sekitar pulau ini, terdapat banyak pantai di antaranya: Pantai Kasih, Pantai Tapak Gajah dan Pantai Sumur Tiga dengan keindahan pasir putihnya, Pantai Ujung Kareung (Ujung Karang) yang sering digunakan sebagai tempat memancing, dan Pantai Anoi Itam (Pasir Hitam) dengan keindahan pasir hitamnya. Dari sekian banyak pantai yang ada, kegiatan wisata bahari yang populer di Pulau Weh berada di Pantai Gapang dan Iboih yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Sebagai informasi, Kota Sabang berada di pulau ini.

Pulau Weh atau sering juga disebut dengan Pulau Sabang, memiliki keistimewaan karena memiliki beragam objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Seperti Pantai Iboih yang berada di Desa Iboih merupakan pantai yang paling populer, yang berjarak sekitar 6 km dari tugu KM-0 (Kilometer 0). Warna lautnya yang hijau, menampilkan keindahan yang memesona yang menjadi surga bagi para penyelam. Dari Iboih terlihat jelas panorama keindahan Pulau Rubiah. Jaraknya sekitar 150 meter. Para wisatawan dapat berenang ke pulau tersebut, namun bagi wisatawan yang tidak dapat berenang, tidak perlu khawatir, karena disediakan tali tambang untuk tempat bergelayut di dalam laut hingga ke tengah. Luas Pulau Rubiah sekitar 2.600 hektar. Pulau ini terkenal dengan keindahan taman lautnya yang mendunia, setara dengan keindahan taman laut di Maladewa (Long Island), di perairan Maluku dan perairan Bunaken dan Nusa Penida di Bali. Bahkan pulau ini dianggap lebih unggul karena memiliki keanekaragaman biodata laut, seperti tumbuhan ganggang, terumbu karang, ikan bulu ayam, kima raksana, dan ketam kelapa.

D. Akses Menuju Lokasi

Dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, Pulau Weh dapat dicapai dengan menggunakan kapal cepat dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Apabila menggunakan transportasi udara, dari Banda Aceh dapat ditempuh tidak lebih dari 15-20 menit. Dari Pantai Iboih pengunjung dapat menikmati keindahan panorama bahari di Pulau Rubiah dengan menyewa speed boat

Tidak ada komentar: